Kunci Membangun Gen yang Sehat

Photo from DGlab

Taukah kamu tubuh kita ini terdiri dari sekumpulan sel. Gen adalah perpustakaan bagi setiap sel untuk bertransformasi menjadi tubuh yang utuh, sebagaimana yang kita miliki saat ini, dengan berbagai indra dan anggota tubuh beserta fungsinya dalam bentuk yang sempurna.

Ajaibnya, sel-sel tersebut tidak pernah tertukar, sebagai contoh, sel yang membangun kuku tidak pernah tertukar dengan sel pertumbuhan rambut, begitupun juga sebaliknya dengan sel penyembuh luka dan lain-lain. Pertanyaannya adalah, siapakah yang mengarahkan sel-sel tersebut bekerja secara proporsional dan profesional? Apa hubungannya dengan makanan yang kita konsumsi? Jawabannya adalah ada di dalam gen.

“Allah berfirman, wahai para rasul! Makanlah dari (makanan) yang baik-baik, dan kerjakanlah kebajikan. Sungguh, Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS Al Mu’Minun, 23:51)

Dari ayat diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa agar tubuh kita selalu terdorong untuk berbuat kebaikan ialah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang baik dan halal.

Gen di dalam tubuh kita, jika dikiaskan dalam istilah bangunan, ia adalah arsitek. Arsitek yang menentukan berapa banyak batu bata, semen, pasir, tukang, besi, dan segala yang dibutuhkan dalam mendirikan sebuah bangunan. Namun, arsitek tidak dapat mewujudkan tanpa adanya modal uang, dan uang itu diibaratkan klien yang menggunakan jasanya.

Dalam tubuh kita, bisa diibaratkan bahwa bahan bangunannya adalah protein, dan uang adalah asam amino. Arsitek berupaya dalam mencari uang adalah kemampuan gen membentuk asam amino non-esensial (asam amino yang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh). Pemilik rumah dan klien adalah asam amino esensial yang tidak dapat dibentuk oleh gen.

Kita dapat membantu kinerja gen untuk membentuk kerangka tubuh yang sehat dan kuat dengan mengkonsumsi makanan sehat dan kuat dengan mengkonsumsi makanan yang di dalamnya terkandung asam amino esensial. Apabila bangunan sudah mulai terbentuk, kita perlu cet dan perekat di setiap celah, hal itu kita ibaratkan sebagai peran lemak di dalam tubuh. Sementara itu, karbohidrat menjadi sumber tenaga layaknya listrik di dalam sebuah bangunan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui sumber terbaik asam amino, protein, lemak, dan asupan lainnya.

A. Asam Amino

Asam amino adalah pembentuk protein yang berfungsi untuk menumbuhkembangkan tubuh kita. Inilah beberapa jenis makanan yang merupakan sumber asam amino esensial terbaik yang dapat kita konsumsi.

  • Air Kelapa, salah satu sumber asam amino terbaik yang mengandung gula alami yang sehat. Sebagai komponen penyusun terbesar tubuh serta sebagai pelarut racun dalam tubuh.
  • Madu, asam amino dalam madu cukup beragam yang dapat memenuhi kebutuhan kadar protein dalam tubuh kita. Mengandung vitamin C, kalsium dan zat besi, serta sumber antioksidan yang membuat tubuh kita sehat.
  • Kurma, asam amino dalam kurna terdapat berbagai khasiat, sebagai pengganti gula alami untuk kontraksi otot jantung.

B. Probiotik

Probiotik adalam organisme mikro yang hidup aktif di dalam makanan dan memberikan kebaikan untuk kesehatan usus. Dalam prosesnya, probiotik dapat dibantu dengan asupan-asupan yang dapat membuatnya terus berkembang dan menguatkan bakteri baik di dalam tubuh. Kita dapat menemukan probiotik dalam makanan yang melalui tahap fermentasi, makanan tersebut seperti.

  • Tempe
  • Yoghurt
  • Asinan buah dan sayur
  • Acar
  • Kimchi
  • Keju
  • Dan lain-lain

C. Prebiotik

Apabila prebiotik di dalam makanan tidak cukup, jumlah bakteri jahat akan mendominasi sehingga zat-zat beracun akan terbentuk. Prebiotik adalah komponen makanan yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh, karena merangsang pertumbuhan atau aktivitas mikroba terbentuk di dalam tubuh. Kita dapat menemukan prebiotik terbaik pada makanan berikut ini.

  • Sayur-sayuran
  • Buah-buahan
  • Rempah

D. Rempah

Salah satu obat-obatan yang sangat berkhasiat dan tersedia di Bumi ini adalah rempah, memiliki peran penting dalam membentuk kesehatan tubuh manusia. Berkut ini adalah berbagai macam rempah.

  • Ketumbar, berkhasiat untuk mengontrol sistem pencernaan, mengatasi perut kembung, wasir, flu, masuk angin, menurunkan tekanan darah dan lain-lain.
  • Sereh, berkhasiat untuk obat nyeri lambung, mengobati gatal-gatal dan lain-lain.
  • Cengkeh, berkhasiat untuk sakit lambung, mengobati berbagai jenis penyakit kulit seperti luka bakar, iritasi kulit dan lain-lain.
  • Kayu manis, sumber vitamin K dan zat besi yang baik. Selain itu sumber serat dan kalsium.
  • Bunga lawang, berkhasiat sebagai antibakteri dan gangguan pencernaan.
  • Kapulaga, berkhasiat untuk meredakan radang pada area lambung, serta mengobati bau nafas, asma, batuk dan lain-lain.

E. Rimpang

Rimpang merupakan pertengahan antara bentuk akar dan bentuk umbi-umbian yang masih termasuk ke dalam bagian rempah. Berikut ini beberapa jenis rimpang.

  • Jahe merah, rimpang jahe merah dapat diparut untuk menyembuhkan sakit kepada, sebagai kompres luka berbau busuk dan lain-lain.
  • Kunyit, air perasan rimpang kunyit berfungsi untuk menyembuhkan radang usus buntu dan radang rahim, dan masih banyak lagi kegunaannya.
  • Lengkuas, air perasannya dapat digunakan sebagai radang di bagian telinga, selain itu berfungsi sebagai mengatasi radang di lambung, masuk angin dan lain-lain.
  • Kencur, dapat menghilangkan batuk, mual muntah, masuk angin dan lain-lain.
  • Temulawak, dikenal sebagai obat untuk mengatasi gangguan organ hati, demam, sakit kuning, perangsang ASI dan lain-lain.

Aku berharap kalian enjoy saat membaca artikel ini, kalian juga dapat mendapatkan tips sehat dengan membaca artikel pada link di bawah ini.

Baiklah, sampai di sini artikel hari ini, semoga dengan apa yang aku sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian.

--

--

--

Data Science Enthusiast, Remote Worker, Course Trainer, Archery Coach, Psychology and Philosophy Student

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Desi Ratna Ningsih

Desi Ratna Ningsih

Data Science Enthusiast, Remote Worker, Course Trainer, Archery Coach, Psychology and Philosophy Student

More from Medium

Proposing in 2022:

ward(2010)