KESEHATAN

Cegah Penuaan dengan Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung NMN

Photo by Matthew Bennett on Unsplash

Tak dapat dipungkiri sebagian besar orang tidak suka menjadi tua. Selain penampilan fisik mulai tak menarik, stamina tubuh pun semakin hari semakin menurun. Beberapa fungsi tubuh mulai melambat, misalnya saja seperti fungsi kognitif, otot, kekebalan tubuh, seksual, metabolisme, penglihatan, pendengaran dan masih banyak lagi.

Penuaan biasanya terjadi karena faktor genetik dan gaya hidup. Penuaan bisa terjadi lebih cepat akibat faktor gaya hidup tidak sehat, seperti tidak menjaga pola makan, kekurangan nutrisi, kurangnya olahraga dan terpapar polusi.

Meskipun penuaan tidak dapat dihindari, terdapat prospek untuk mengembalikan prosesnya, yaitu dengan Nicotinamide Mononucleotide (NMN). Hidup sampai usia lanjut adalah impian semua orang yang terdapat pada senyawa seperti NMN, yang membantu kita mencapai impian itu.

Mungkin kalian bertanya-tanya bagaimana senyawa ini berkorelasi dengan penuaan. Nah, mari disimak baik-baik karena aku akan membawa kalian mengetahui manfaat NMN.

Apa itu Nicotinamide Mononucleotide (NMN)

NMN atau nicotinamide mononucleotide adalah senyawa alami yang merangsang produksi senyawa lain, yang disebut NAD atau nicotinamide adenine dinucleotide. Sebagai bagian dari proses penuaan, tubuh kamu memproduksi lebih sedikit NAD seiring bertambahnya usia.

Sayangnya, ketika kadar NAD turun seiring bertambahnya usia, peradangan pada tubuh meningkat. Penelitian Dr David Sinclair telah menunjukkan bahwa menjaga peradangan tetap rendah sepanjang hidup adalah faktor kunci untuk hidup sampai usia 110 tahun dan seterusnya, apa pun yang dapat kamu lakukan untuk menjaga peradangan tetap rendah akan membantu kamu menikmati kesehatan yang baik pada usia 100 tahun. Dengan demikian, lebih banyak NAD dan lebih sedikit peradangan bisa menjadi jalan untuk membalikkan penuaan dengan NMN.

Dalam studi praklinis baru-baru ini, NMN telah dikonfirmasi menjadi esensi dalam domain terapi. Salah satu terobosan penting adalah realisasi senyawa yang berperan besar dalam menunda penuaan dan menahan proses penuaan. Baru-baru ini, ada penelitian juga yang menyajikan tentang pencegahan kanker dengan NMN.

Karena ingin menjaga tingkat NAD tetap tinggi, dan pentingnya untuk memperlambat penuaan dan meminimalkan peradangan, banyak peneliti yang berumur panjang, termasuk Dr. Shin Ichiro Imai, MD, PhD dari Fakultas Kedokteran Universitas Washington, mencoba melihat apakah mereka dapat membalikkan penuaan dengan suplemen NAD. Sayangnya penelitian dari studinya gagal.

Mengingat suplemen NAD gagal membalikkan penuaan, Dr. Imai dan rekannya mendekati tantangan ini dari sudut pandang yang berbeda. Daripada memberikan suplemen NAD, bagaimana jika mereka memberi tikus suplemen NMN dan kemudian membiarkan tikus secara alami meningkatkan NAD dengan mengubah NMN menjadi NAD.

Seperti yang mungkin sudah kamu duga, penelitian ini sangat sukses. Surat kabar di seluruh dunia melaporkan bahwa Dr. Imai telah menemukan “mata air awet muda”. Memang, penelitian tikus NMN ini bahkan membuat mereka menjadi artikel majalah TIME yang terkemuka.

Dalam penelitian tikus NMN ini, Dr. Imai dan rekannya mengambil tikus lab yang berusia dewasa dan kemudian mengacaknya ke salah satu dari tiga kelompok perlakuan. Kelompok pertama diobati dengan NMN dosis rendah yang dilarutkan ke dalam air minum mereka. Kelompok perlakuan kedua meminum NMN dosis tinggi dalam air mereka. Terakhir, kelompok ketiga tidak menambahkan apa pun ke air mereka.

Dr Imai dan timnya mencermati tikus ini dengan sangat cermat selama satu tahun. Karena tikus lab biasanya hidup hanya dua tahun, mereka mengikuti tikus ini sampai usia tua.

Para peneliti Universitas Washington ini menemukan bahwa NMN diserap dalam beberapa menit ke aliran darah tikus. Begitu berada di dalam aliran darah, NMN diubah menjadi NAD sehingga meningkatkan kadar NAD pada tikus tersebut.

Aspek yang tidak diinginkan secara teoretisnya adalah bahwa peningkatan kadar NAD dapat menyebabkan pembentukan tumor pada tikus-tikus ini. Untungnya, tidak ada tumor atau komplikasi lain yang diamati dengan suplementasi NMN.

Menariknya, manfaat NMN yang diamati hanya terlihat pada tikus yang lebih tua. Dr. Imai berteori bahwa tikus yang lebih muda menghasilkan NAD yang cukup sehingga tingkat peradangan yang rendah tidak terbantu oleh suplementasi NMN.

Apa Manfaat Nicotinamide Mononucleotide (NMN)

Menariknya, penelitian ini menunjukkan bahwa tikus tua dapat dibuat muda, kurus, dan energik kembali dengan NMN. Memang, mereka secara meyakinkan menunjukkan bahwa kamu dapat membalikkan penuaan dengan NMN. Di bawah ini adalah delapan temuan kunci dari studi ini.

1. Menurunkan berat badan

Dalam penelitian ini, tikus yang diberi NMN dosis rendah kehilangan 4% berat tubuhnya. Mereka yang diberi NMN dosis tinggi kehilangan 9% dari berat badan mereka.

Untuk menerjemahkan temuan ini, penurunan berat badan 9% pada orang seberat 200 pon akan sama dengan menurunkan 18 pon. Yang lebih luar biasa adalah meskipun tikus di NMN makan lebih banyak, berat badan mereka tetap turun!

2. Energi meningkat / fungsi mitokondria lebih baik

Mitokondria adalah pembangkit tenaga energi sel. Dalam penelitian ini, tikus yang diberi NMN jauh lebih energik dan memiliki produksi energi yang lebih baik dari mitokondria mereka.

3. Mengurangi diabetes

Tikus di NMN menunjukkan sensitivitas insulin yang jauh lebih baik. Sensitivitas insulin yang lebih baik berarti lebih sedikit diabetes. Bahkan tikus yang lebih berat di NMN menunjukkan sensitivitas insulin yang lebih baik.

4. Menurunkan kolesterol dan trigliserida

Peneliti menemukan bahwa NMN juga menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Namun, penurunan ini terutama terlihat pada tikus yang memakai NMN dosis tinggi.

5. Mengurangi aktivasi gen penuaan

Karena NMN dan NAD sama-sama mengaktifkan gen umur panjang SIRT1, peneliti Universitas Washington ini mengamati aktivasi gen umur panjang dan penekanan gen penuaan.

6. Peningkatan penglihatan mata

Para peneliti menemukan bahwa retina pada tikus berfungsi jauh lebih baik dengan suplementasi NMN. Selain itu, tikus yang lebih tua bahkan lebih kecil kemungkinannya untuk menderita mata kering.

7. Meningkatnya kepadatan tulang dan otot

Tikus yang diobati dengan NMN juga memiliki otot dan tulang yang lebih kuat. Menariknya, 513 gen yang menyebabkan hilangnya kepadatan otot dan tulang karena penuaan semuanya ditekan dengan NMN dalam penelitian ini.

8. Fungsi sistem kekebalan yang lebih baik

Terakhir, tikus yang diberi NMN menunjukkan fungsi kekebalan yang lebih baik. Fungsi sistem kekebalan yang lebih baik berarti lebih sedikit infeksi dan lebih sedikit kanker.

Makanan Alami yang Mengandung NMN

Meskipun pencarian cepat di toko online akan memberi kamu banyak pilihan suplemen NMN, tidak satupun dari ini telah dipelajari, tidak ada yang tahu apa efeknya bagi tubuh kamu. Karena banyak penelitian yang mengevaluasi suplemen pada manusia sering menghasilkan efek samping atau toksisitas yang tidak diinginkan, yang terbaik adalah mendapatkan semua yang kamu butuhkan dari sumber makanan alami.

Untungnya, NMN ditemukan secara alami di banyak makanan. Di bawah ini adalah enam makanan tertinggi di NMN.

1. Brokoli

Kandungan gizi pada brokoli yang merupakan gabungan 9 bahan makanan USDA, yang termasuk tinggi dan cukup tinggi adalah kandungan air, serat, kalium, β-karoten, riboflavin, vitamin C, magnesium, mangan, selenium, pantotenat, vitamin B6, folat, kolina, vitamin A, α-karoten, lutein + zeaksantin, vitamin E dan vitamin K.

Kalian dapat mengecek kandungan brokoli pada link berikut.

2. Kubis

Kandungan gizi pada “Kubis, mentah” yang termasuk tinggi dan cukup tinggi adalah kandungan air, serat, β-karoten, vitamin C, gula, pantotenat, vitamin B6, folat, kolina, α-karoten, lutein + zeaksantin dan vitamin K.

Kalian dapat mengecek kandungan brokoli pada link berikut.

3. Mentimun

Mentimun rendah kalori dan mengandung banyak serat yang membuat buah ini ideal untuk menurunkan berat badan. Ketimun mengandung sekitar 45 kalori, 11 gram karbohidrat, 2 gram protein, 2 gram serat, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, dan mangan.

Kalian dapat mengecek kandungan brokoli pada link berikut.

4. Edamame

Edamame mengandung banyak nutrisi. Makanan ini mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, serat, karbohidrat, folat, vitamin A, B, C, E, dan K, serta mineral, termasuk zat besi, magnesium, mangan, kalsium, zinc, dan kalium.

Kalian dapat mengecek kandungan brokoli pada link berikut.

5. Alpukat

Beberapa vitamin dan mineral yang paling banyak terkandung dalam buah alpukat adalah vitamin C, vitamin K, folat, kalium, zat besi, vitamin E, dan vitamin B6. Efek kombinasi dari nutrisi yang terkandung dalam alpukat menawarkan manfaat besar sebagai anti-peradangan

6. Tomat

Kandungan gizi pada tomat yang merupakan gabungan 3 bahan makanan TKPI dan 9 bahan makanan USDA, yang termasuk tinggi dan cukup tinggi adalah kandungan air, β-karoten, karoten total, vitamin C, energi, protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, kalium, tembaga, seng, tiamina, riboflavin, niasin, gula, magnesium, mangan, selenium, pantotenat, vitamin B6, folat, kolina, vitamin A, α-karoten, likopen, lutein + zeaksantin, vitamin E, vitamin K dan lemak tak jenuh tunggal.

Mengkonsumsi keenam makanan ini akan membantu kesehatan kamu secara keseluruhan. Namun, para peneliti menyarankan bahwa jika kamu ingin membalikkan penuaan dengan NMN, kamu harus mengkonsumsi masing-masing makanan ini dalam jumlah besar.

Sekian dulu ya pembahasan artikel hari ini, semoga teman-teman bisa mendapat manfaat dari apa yang aku tuliskan. Bila teman-teman rasa postingan ini bermanfaat, berikan aku “claps” ya, agar aku lebih bersemangat lagi untuk menuliskan pembelajaranku mengenai banyak hal.

Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel ini.

--

--

--

Data Science Enthusiast, Remote Worker, Course Trainer, Archery Coach, Psychology and Philosophy Student

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Desi Ratna Ningsih

Desi Ratna Ningsih

Data Science Enthusiast, Remote Worker, Course Trainer, Archery Coach, Psychology and Philosophy Student

More from Medium

Cherish Yesterday, Dream Tomorrow, Live Today

Making choices; maintaining integrity

The winter that lasted two years

Bring Back Serendipity