Cara Giat Belajar Produktif dalam Dunia IT

Photo by John Kappa on unsplash

Taukah kamu otak manusia bekerja secara efisien ketika yang kamu lakukan mempunya keuntungan penting bagi dirimu. Otak kita membutuhkan alasan yang jelas agar bisa bekrja dengan performa yang tinggi.

Tentu kita sering mendengar penggambaran seseorang berdasarkan dari fungsi otaknya. Otak merupakan organ paling penting pada makhluk hidup khususnya manusia karena bertindak sebagai pusat koordinasi. Otak besar (cerebrum) merupakan bagian terbesar dari otak manusia yang bertugas untuk memproses semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, penalaran, mengingat, membayangkan, hingga merencanakan masa depan.

Setelah membahas mengenai beberapa fungsi otak, kembali ke jati diri, mau jadi apa kita di masa depan ?, profesi apa yang kita inginkan dalam dunia IT ?, pertanyaan itu harus selalu terngiang dalam diri untuk kemudian kita jadikan acuan untuk berjuang mendapatkannya.

Beberapa Profesi di Bidang IT

  1. Backend Web Developer
  2. Frontend Web Developer
  3. Mobile Apps Developer
  4. IoT Developer
  5. UI/UX Designer
  6. Data Scientist
  7. Deep Learning
  8. Network Security
  9. Dan lain-lain

Untuk memulai langkah awal dalam bidang IT, tentunya salary menjadi salah satu pertimbangan untuk memasuki bidang tersebut, tinggi rendahnya salary menjadi daya juang untuk berkorban mendapatkannya. Kalian dapat mengecek salary di https://www.glassdoor.com/Salaries/.

Membahas mengenai pengorbanan, semua hal yang ingin kamu dapatkan harus melalui tahap pengorbanan, dalam kehidupan, aku mematok 5 pengorbanan yang harus dilalui untuk mendapatkan hasil yang maksimal diantaranya:

  1. Pikiran (Mind)
  2. Perasaan (Heart)
  3. Waktu (Time)
  4. Tenaga (Energy)
  5. Materi (Resource)

Aku akan membahas lebih detail mengenai 5 pengorbanan di artikel selanjutnya.

Mengenal Gaya Belajar

Photo on Athens NLP Studies

Sebelum kalian melangkah dalam belajar, terlebih dahulu carilah gaya belajar kalian, setiap manusia memiliki gaya belajar, ada visual (see it), auditorial (hear it) dan kinestetik (do it).

Setelah kalian mengetahui gaya belajar kalian cendrung ke arah mana, cobalah gali dan praktekkan sesuai dengan metode dari ketiga gaya belajar tersebut.

Sebagai contoh, seseorang yang memiliki gaya belajar visual adalah seseorang yang menerima dan memproses informasi dengan cara melihat dan menciptakan gambar mentalnya. Perilaku gaya belajar visual biasanya mempunyai hobi atau kegemaran seperti membaca, menonton TV, mengisi TTS, dan memperhatikan ekspresi wajah.

Cobalah belajar dengan cara menuliskan setiap materi yang kamu pelajari, atau menonton materi-materi di YouTube, hal itu lebih baik dilakukan oleh seseorang yang mempunyai gaya belajar Visual.

Berikut tips untuk Belajar lebih Produktif

Mind Mapping

Mind mapping adalah pemetaan pikiran yang terorganisir secara visual dari ide dan konsep. Teknik ini awalnya diperkenalkan oleh Tony Buzan, seorang psikolog asal Inggris. Dengan cara kreatif ini, dijamin lebih ampuh untuk memahami maupun menghafal materi pelajaran.

Dengan mind mapping, akan membantu kita untuk mengingat secara detail lebih baik lagi. Kenapa?, karena dengan mind mapping kita belajar menggunakan otak kanan yang melibatkan imajinasi, visualisasi, kreativitas, dan berhubungan langsung dengan otak bawah sadar sehingga lebih mudah untuk diingat.

Selain itu, dengan teknik belajar ini, pikiran kita akan fokus pada topik utama kemudian mengasosiasi dengan kata kunci tertentu dari sebuah pelajaran. Ini tentu akan mempermudah kita untuk mengingat karena kita fokus pada poin-poin penting dan menyimpulkannya ke dalam peta konsep sederhana.

Timeline

Mendapatkan sebuah project secara terus-menerus adalah impian dari setiap developer. Apalagi project tersebut adalah project yang cukup besar. Project yang dimaksud disini adalah sebuah pekerjaan yang lebih bergerak dibidang jasa. Perlu diketahui, perusahaan yang bergerak dibidang jasa biasanya mereka mengatur pekerjaan berdasarkan timeline. Timeline ini yang menentukan bagaimana sebuah project selesai tepat pada waktunya.

Mengatur timeline dalam pekerjaan, tidak semudah kita membuat jadwal kuliah seperti mahasiswa pada umumnya. Karena kita harus tahu bagaimana tingkat kesulitan dari sebuah project yang akan kita selesaikan.

Timeline tidak hanya di gunakan pada perusahaan besar saja, kalian pun dapat menggunakannya agar waktu kalian lebih bisa terkontrol.

Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah filosofi manajemen waktu di mana kita yang melakukannya harus fokus secara maksimal dalam jangka waktu yang disediakan.

Manfaat yang ditawarkan berupa kreativitas agar mampu menyelesaikan tugas lebih cepat, selain itu rasa lelah pada mental pun tidak terlalu parah. Jadi kamu akan menyelesaikan tugas dalam jangka waktu singkat. Selama waktu tersebut berlangsung, dan kamu diminta untuk tetap fokus.

Baiklah, cukup sampai disini dulu aktikel pada hari ini, semoga apa yang aku tuliskan dapat bermanfaat bagi pembaca.

--

--

--

Data Science Enthusiast, Remote Worker, Course Trainer, Archery Coach, Psychology and Philosophy Student

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Desi Ratna Ningsih

Desi Ratna Ningsih

Data Science Enthusiast, Remote Worker, Course Trainer, Archery Coach, Psychology and Philosophy Student

More from Medium

Thoughts: 60 Degrees to Snow Day

Outside.

Closure